ஜ۩۞۩ஜ*Sipedagang Keliling & Si Dermawan Kecil◄۞




Seperti hari –hari biasa setiap pagi aku berdagang dengan berkeliling pekan,dimana ada pekan sekali dalam seminggu, disitu aku menjajakan daganganku dengan cara berkeliling.hari ini aku berjualan dipekan yang cukup ramai disuatu daerah terpencil disumatera utara.yang mana mayoritas penduduk daerah yang aku pijak itu adalah suku Batak dan suku Karo.

Dalam waktu satu jam aku bersyukur sudah dua buah daganganku yang laku terjual,pembeli tak lain adalah pedagang dipekan itu juga. lelah menjajakan dagangan dengan berkeliling,aku coba duduk santai didepan toko yang tidak buka hari itu,.sambil mengisap rokok sebatang aku menjajakan dagangan dengan penuh senyum,hehehee walau senyumku terlihat sedikit pahit,tapi cukup menarik perhatian anak gadis juga loh. uhuyyy .

Tengah haripun tiba ,perut mulai terasa lapar.aku segera bergegas kewarung nasi yang ada dipekan itu. makan dengan lahap dan sedikit berkeringat,nikmat sekali makanan hasil dari jerih payah kita sendiri.Alhamdulillah masih dapat memakan makanan lezat hari ini. dan ku bersyukur dengan keadaanku.

Selesai makan dan istirahat aku kembali menjajakan daganganku dengan cara berkeliling pekan itu kembali. sudah satu jam berkeliling baru satu buah daganganku yang laku,akhirnya aku coba keluar dari pekan dan berkeliling didepan pekan itu.ternyata memang rezeki ,aku dipanggil seorang anak muda yang baru saja selesai mengangkat barang-barang kedalam pekan itu.anak muda itu aku perkirakan berusia kira-kira 18 tahun.

aku sodorkan daganganku dan memberitahu harganya ,dia lalu menawar dengan polosnya.aku berkata maaf ini sudah harga pas, tak kurang lagi.lalu dia balik berkata uangku cuma ini bang sumpah.mendengar ucapan anak muda itu , tiba-tiba aku koq merasa ini anak muda sepertinya jujur, aku berkata dalam hati ,biarlah aku dapat untung dua ribu rupiah sekali ini.biasanya paling rendah aku harus mendapat untung lima ribu rupiah. lalu aku katakana pada anak muda itu ya sudah ini barangnya silahkan. Sambil tersenyum.lalu anak muda itu menyerahkan uangnya dan akupun kembali berjualan.

Tak disangka setelah setengah jam aku berjualan. keliling anak muda itu mengejarku,aku berpikir ada apa ini ya,apa barang yang dibelinya rusak,apa dia mau minta ganti..ah..lihat saja nanti. dan ternyata anak muda itu hanya ingin memberi uang sisa dari harga barang yang aku tawarkan padanya sebelum dia menawar daganganku tadi.

dia berkata bang ini uang sisanya,lalu dia pergi tanpa banyak kata.sementara aku yang menerima uang darinya hanya terdiam, hatiku berkata.ini anak muda begitu baiknya,belum pernah aku temui seorang pembeli seperti dia.subhanallah.mataku langsung berkaca-kaca. ingin menangis. tak lupa aku berucap semoga anak muda itu dimudahkan rezekinya dan sehat selalu.amin ya Allah.
▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄▄

#Orang – orang yang dermawan,bukan saja karena dia banyak/berlebih uang,tapi terpenting dari semua adalah karena niat,kebiasaan dan keihklasan.
#Apapun yang kita berikan pada orang lain,besar ataupun kecil bantuan itu.tetaplah berharga bagi sipenerima.bahkan tak jarang bantuan kita itu sangat diharapkan oleh sipenerima.

#Jangan suka menilai seseorang dari penampilannya,contoh sianak muda dicatatan .jadi muda ataupun tua,kaya ataupun biasa saja seseorang tak bisa diukur kebaikan dan kedermawanannya.
#Jadikanlah kebiasan dalam hidup ini,senang melihat orang lain senang,susah melihat orang lain susah.

Mari berempatilah teman dimana saja.Realisasikan..!






0 komentar:

Posting Komentar

Syukron,Thanks,Terima kasih Sobat atas komentarnya

Untuk yang tidak memiliki Account, silahkan pilih beri komentar sebagai: Anonymous