*•.¸.●♥ *●*Permainan Anak-Anak Tahun 80 & 90-an Dimasa Kecilku*•.¸.♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ*



Tengah malam saya teringat permainan anak-anak saat saya kecil dulu, ,gara -gara melihat anak -anak main layangan tadi sore . oh kenangan indah :) .saya sendiri kelahiran pariaman ,usia satu tahun sudah berada dimedan dibawa oleh Ibu saya. Jadi bisa dikatakan kampung halaman saya adalah Kota Medan.ada beberapa permainan yang dulu asyik sekali dimainkan baik saat istirahat disekolah maupun saat pulang dari sekolah. Hehehee indahnya masa kecil,

Saya yakin anda juga masih mengingat masa-masa itu bukan ? pastinya dong.nah bercerita tentang permaianan masa kecil dulu.ada beberapa permaianan yang sering dimainkan oleh anak-anak laki-laki dan perempuan. ada juga permaianan yang khusus dimainkan perempuan saja,bila anak laki memainkannya maka dapat cemoohan dari teman laki yang lain.

contohnya seperti permainan lompat karet.kalau ada anak laki yang ikut bermain pastilah dikatakan bencong,ya ..itu pada saat saya kecil dulu,nga tau kalau pada masa kecil anda. Mungkn pada masa anda dikatakan banci kali ya… (ya sama aja om heheee.. piss )

Inilah beberapa permainan yang masih saya ingat beserta cara memainkannya,mudah-mudahan nga salah tulis lah..Bismillahirrahmanirrahim. ayoo otak mengingat.segera. :)

1.Patok Lele
Patok lele adalah sebuah permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih,yang mana seorang pemain atau sekelompok pemain melawan seorang atau sekelompok lainnya,yang tujuan permainan adalah memukul kayu bulat kecil dengan ukuran kira-kira panjangnya sepanjang gelas biasa,

dan pemukulnya 3x lipat dari ukuran kayu yang dipukul ,kayu dipukul hingga jauh atau melewati para pemain lawan yang akan menangkap kayu tersebut.dan diusahakan agar jangan sampai kayu kecil yang dipukul tertangkap tangan lawan,jika tertangkap maka mereka yang akan memiliki kesempatan bermain.begitu seterusnya.
Bahan atau wadah untuk permainan patok lele : 

(1).kayu sapu ijuk dipotong yang satu berukuran kira-kira sepanjang gelas biasa,dan ukuran yang kedua 3 kali lipat ukuran kayu yang pertama yang berfungsi sebagai pemukul kayu kecil tersebut.
2). lapangan akan dibuat sebuah lubah panjang lubang kira –kira seukuran kayu yang dipotong pertama.dan kedalaman lubang kira-kira setengah dari kayu kecil tersebut (kalau nga salah ya ) bisa juga menggunakan dua buah batu bata sebagai lubang.
(3). para pemain berkisar 4-8 orang artinya bisa 2 lawan 2, atau 4 lawan 4 orang . Dan permainan siap dimainkan. hati-hati aja kena mata atau kepala benjol karena tersenggol kayu kecil yang dipukul langsung deh teriak ..emakkkkkkk Hohohooo….













2.Alip Samberlang
(nama permainan dimedan ) nga tau kalau ditempat lain apa namanya ya..mungkin anda bisa tau namanya kalau saya ceritakan bentuk dari permainan tersebut.Alip Samberlang adalah :sebuah permaianan yang dimainkan beberapa orang baik itu genap ataupun ganjil jumlah pemainnya.permainan ini dimainkan disebuah lapangan,

Cara bermainnya adalah seingat saya seperti ini:awalnya semua pemain Wang (bahasa kecil saya dimedan ) terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang menjadi pengejar untuk mengejar para pemain.wang itu sama halnya dengan penentuan dengan tangan kita sambil mengucapkan gunting,batu kertas ,lebih kurang seperti inilah maksud saya.

Setelah wang dilaksanakan dan terpilihlah salah seorang yang akan menjadi pengejar,maka permainan dapat dilaksanakan.pengejar harus mengejar salah seorang pemain,apabila pemain tersebut dapat disenggol sedikit saja maka samber lang namnya,dan sipemain yang tersentuh tersebut berubah menjadi pengejar dan begitu seterusnya hingga capek,berkeringat dan haus..hahhaaa…

3.Alip Berondok
Alip Berondok (Bahasa kecil saya dimedan) kalau bahasa umumnya Petak umpet.kalau yang ini sedikit gampang nulisnya dan saya juga yakin sekali dari nama permaianan ini pastilah banyak yang masih ingat. saya yakinlah banyak yang ingat ..! Alip berondok atau petak umpet dimainkan oleh beberapa orang baik laki-laki ataupun perempuan,dimana salah seorang harus menjadi pencari dari para pemain yang sedang bersembunyi atau bahasa kecil saya dimedan para pemain yang sedang berondok..

Awalnya dilakukan pemilihan siapa yang menjadi pencari.sama halnya seperti permaianan alip samberlang maka dilakukanlah wang.setelah terpilih salah satu yang akan menjadi pencari maka sipencari terlebih dahulu ditutup matanya atau sipencari menutup mata didinding ,setelah para pemain bersembunyi sipencari memberi kode ,apakah sudah semua bersembunyi..?? kalau tak ada jawaban dari para pemain yang bersembunyi itu tandanya semua pemain sudah bersembunyi,dan sipencari haruslah mencari para pemain yang bersembunyi atau mengumpet .










Tiga permainan ini dulu ya..yang lain masih banyak juga ingat seh ,tapi takut kepanjangan tulisannya.hehhehee
Banyak orang bilang masa kecil itu adalah masa yang indah, tiada beban ,ucapan polos tanpa rekayasa,tanpa boong-boongan kecuali yang emang suka boong ya kan..? hihihiihiihii, petikan lirik lagu bang iwan menjadi penutup tulisan ini ….masih ingatkah kau sobat ,didepan mesjid samping rumah wakil pak lurah.tempat dulu kami bermain mengisi cerahnya hari..jreng..jreng…^__^





1 komentar:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus

Syukron,Thanks,Terima kasih Sobat atas komentarnya

Untuk yang tidak memiliki Account, silahkan pilih beri komentar sebagai: Anonymous