¯`*•.¸.♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ*Nama-Nama Alat Mainan Tradisional Tahun 80 & 90-an Dimasa Kecilku *•.¸.●♥ *

Pada postingan kali ini saya langsung saja menulis nama-nama benda mainan saat saya kecil dulu,yang mana permainan ini sangatlah digemari dimasa itu, dan saat ini sudah mulai hilang ditelan zaman oleh kecanggihan teknologi ,anak-anak saat ini banyak yang tak mengenal permainan ini terutama anak-anak yang tinggal dikota nga tau juga dengan anak-anak yang tinggal dipedesaan.dan apabila …halahhh banyak amat pidatonya ..oke langsung saja kita baca satu persatu ini dia om :
 
1.Permainan Kwaci (Bukan sejenis makanan ringan ya ..om )
Kalau ditempat lain apa namanya ..hehhee nga tau lagi .cari aja sendiri om :D Bentuk mainan : bentuk-bentuk hewan,bunga dll yang terbuat dari plastik atau bahan plastik seukuran lebar korek api dan berbentuk pipih.atau tipis.separuh dari tebalnya korek api.

2.Guli (Gundu bahasa umumnya )
Bentuk mainan : bulat kecil dan ada yang gede om,bahannya terbuat dari tanah liat .. kalau saya nga salah tapi koq bentuknya seperti kaca /kristal gitu ya..heheehhee itulah kecanggihan teknologi ya..
3.Tutup Limun/Syrup/Tutup Botol Minuman
Bentuk mainan: sudah jelas ya om,contohnya seperti tutup botol minuman Teh botol Sosro (wew ..iklan neh )
4.Gambar/foto para pendekar,para pemain film kartun dll.
Bentuknya mainan :kertas foto seukuran korek api yang mana dikertas tersebut terdapat foto-foto para pendekar,film kartun ataupun film-film yang saat itu sedang ngetrend.
 
5.Plastik Pembukus Permen atau bonbon bahasa medannya
Bentuk mainan : plastik permen,diemut dulu permennya,baru plastiknya dapat dimainkan ..hehheee

6.karet gelang
Kalau alat permainan ini semua juga sudah tahu jadi nga perlu dijelasin ya.hehehehe Biasanya karet gelang dibuat sebagai permainan lompat karet yang dirangkai menjadi panjang,ada juga karet gelang yang dibuat menjadi seperti bola biar mantul-mantul gitulah.dan lain-lain banyak juga fungsi karet gelang untuk bermain. Seorang teman berteriak dulunya ..awas jangan tembak karet gelang kewajah kawan,kena mata bisa bahaya.

7.Ketapel
Bentuknya seperti huruf Y dan dikedua sisinya kiri dan kanan terdapat karet untuk menarik batu ataupun benda yang akan ditembakkan.Permainan yang satu ini cukup berbahaya bila terkena seseorang,biasanya fungsi alat permainan ini untuk menembak burung,ataupun buah-buahan yang ada dilingkungan. Sekitar wkwkwkkwkwkk pengalaman kecil dulu nyolong mangga dan jambu tetangga..hihihiihii.
8.Congklak
Permainan ini dimainkan dua orang ,bagus juga permainan ini sekalian mengasah otak dalam berhitung.Bentuk mainan : semacam wadah dari kayu seperti perahu ,lihat langsung saja foto dibawah ini,agak susah menerangkannya

Ini dulu ya om beberapa alat permainan yang saya mainkan dahulu kala sekali..halaahhh lebay ah..:) lebih dan kurangnya saya mohon maaf lahir dan bathin..:D





1 komentar:

Syukron,Thanks,Terima kasih Sobat atas komentarnya

Untuk yang tidak memiliki Account, silahkan pilih beri komentar sebagai: Anonymous